Minggu, 22 Februari 2009

Ujian Registrasi Dokter di New Zealand

NZREX clinical adalah ujian yang harus diikuti oleh setiap dokter yang ingin mendapatkan izin bekerja sebagai dokter di New Zealand. Setelah memenuhi syarat tuk mengikuti tes ini, langkah selanjutnya mengisi formulir aplikasi yang bisa didownload di sini.

Tes biasanya dilakukan setahun 2 kali. Untuk tahun ini dilakukan 3 kali, yaitu pada bulan Maret, Juni dan September. Untuk bulan Maret dan Juni, sayangnya pendaftaran sudah ditutup. Buat yang merasa sudah memenuhi syarat dan ingin langsung mencoba, bisa mendaftar untuk 19 Sept 2009, yang pendaftarannya akan ditutup tanggal 31 Juli ntar (di aplikasi tertulis 7 agustus, tapi tanggal dimajuin karena banyak waiting list. Untuk satu kali tes, biasanya dibatasi hanya untuk 120 dokter).

Berapa biayanya? $NZ 3750 alias untuk nilai currency hari ini sama dengan Rp. 22.892.025,-
Wuiisss, mahal ya! Itu kenapa, sebelum mendaftar selain memastikan persyaratan, pastikan juga sejawat sudah mendapatkan pekerjaan terlebih dahulu. Soalnya banyak banget dokter-dokter asing yang kemudian akhirnya menganggur di sana.

Bila sudah mendapatkan registrasi, pastikan sejawat sudah masuk dulu ke New Zealand, karena masa berlaku registrasi akan hangus bila tidak tinggal di New Zealand selama 6 bulan berturut-turut dalam kurun waktu 3 tahun sejak berlakunya registrasi.

Untuk masuk ke New Zealand bisa menggunakan visa/permit untuk kerja, atau kalo ingin bekerja di sana secara permanen bisa juga meminta untuk visa skilled immigrant. Untuk lebih lanjut mengenai ini, hubungi kedutaan New Zealand atau masuk ke websitenya di sini. Biasanya proses untuk mendapatkan visa kerja akan memakan waktu lebih kurang seminggu hingga 2 minggu.

Untuk biaya, tergantung pada jenis visa yang kita apply, kalkulator penghitungan bisa dilihat di sini.

Karena NZREX clinical ini membutuhkan pengetahuan klinis yang sesuai dengan pengalaman klinis di NZ yang tentunya berbeda dari Indonesia, sejawat bisa mendaftarkan diri pada rumah sakit di sana sebagai clinicalobserver, sebagaimana yang diatur oleh konsil kedokteran NZ. Untuk ini, sejawat harus terlebih dahulu mengirimkan aplikasi untuk ujian dan sudah mendapatkan nomer duduk. Baru kemudian bisa mengikuti clinicalobservership atas usaha pribadi (konsil kedokteran tidak membantu). Jadi sejawat harus menghubungi sendiri rumah sakit/klinik yang diinginkan.

Belibet ya? Yah, namanya juga mau masuk negeri orang dan meraup dollar, ya memang harus sedikit usaha.

Nah, seperti yang tadi saya katakan, sebaiknya sejawat sudah terlebih dahulu punya tawaran kerja di sana, daripada ujung-ujungnya nganggur. Untuk ini, sejawat bisa mencoba dari sekarang mencari lowongan dokter di NZ melalui internet. Atau, bisa juga melalui agen perekrutan tenaga kerja dokter asing yang lumayan banyak di sana.

Ini ada beberapa agen yang bisa dicek:
http://www.gmedical.com : global medical staffing
http://www.nzlocums.com : mengalokasikan dokter ke daerah pinggiran NZ yang memiliki banyak kesempatan kerja.

Ok, Selamat Mencoba! Jangan lupa tulis komen di sini kalo sudah berhasil melakukannya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Followers