Selasa, 21 April 2009

Bagaimana Spesialisasi ke Luar Negeri?

Saya mencoba untuk menulis menyangkut judul di atas, setelah melihat perbincangan di shoutbox antara Guesta dan dr. Yen yang sedang mencari informasi spesialisasi di LN.

Saya sendiri tidak pernah mengambil spesialisasi di LN, jadi informasi yang akan saya sampaikan terbatas hanya berdasarkan kontak chatting atau email dengan dokter-dokter LN.

Pada prinsipnya, setiap kita ingin masuk ke negeri orang, kita harus mengikuti ujian kualifikasi yang diselenggarakan oleh MEDICAL EXAM BOARD masing-masing negara. Seperti USMLE untuk Amerika dan Kanada, NZREX untuk NewZealand, AMEC untuk Australia, PLAB di UK. Nah tahapan ini tidak mudah. Karena ada clinical test yang harus kita ambil di negeri yang bersangkutan yang mengharuskan kita untuk setidaknya memiliki cukup pengalaman klinis di wilayah tersebut.

Lebih sulitnya lagi, meski beberapa fakultas kedokteran Indonesia baik negeri maupun swasta diakui oleh WHO dan terakreditasi secara internasional, sistem pendidikan kita tidak masuk ke dalam 2 kualifikasi besar yaitu Amerika dan UK.

Tapi, bukan berarti, tidak ada jalan. Hanya jalannya menjadi lebih panjang. Apa boleh buat, bila dokter Indonesia ingin melanjutkan pendidikan atau bekerja sebagai dokter di LN, maka harus mengikuti tes dari dasar, termasuk test pra-klinik sebagaimana yang diambil oleh mahasiswa kedokteran di negara yang bersangkutan.

Nah, ada satu hal lagi. Bahkan bila kita pun telah lulus ujian tersebut, tidak menjamin kita bisa langsung spesialisasi atau kerja. Karena ini adalah sebuah tahapan yang terpisah.

Banyak sekali dokter-dokter dari Pakistan, India; misal; yang membanjiri bursa kerja Amerika dan Kanada yang telah lulus ujian kualifikasi, pada akhirnya menganggur. Hal yang sama juga terjadi di Australia dan NewZealand.

Namun begitu, ini bukan berarti harga mati. Jangan sampai menyurutkan semangat sejawat mencari peluang di negeri orang. Karena dokter di Indonesia yang menembus LN cukup banyak (sayangnya kita belum berhasil memancing salah satu di antaranya untuk sharing di sini).

Jadi bagaimana cara untuk bisa spesialisasi di LN?
Yang paling utama, sebelum melakukan apa-apa, sejawat harus berhasil mengkontak konsulen atau Professor di lokasi tujuan. Biasanya ini tidak sulit bila sejawat memiliki kemampuan membangun relasi dengan baik. Atau bisa juga meminta referensi dari guru-guru kita. Biasanya mereka yang memiliki akuntabilitias yang diakui secara internasional memiliki jejaring sosial yang kuat. Nah bila sejawat telah berhasil mendapatkan kursi (baik untuk sekolah lagi maupun untuk bekerja di salah satu RS di LN), selanjutnya sejawat juga bisa meminta sponsorship dari mereka. Cost of living, biasanya tidak akan jadi masalah, karena di US, Kanada, Australia, New Zealand, spesialisasi dibayar tidak membayar. Sponsorship mungkin diperlukan untuk membantu kita membayar biaya test. Karena meski sudah diapprove, kita tetap harus mengikuti ujian kualifikasi untuk bisa mulai sekolah atau kerja.

Dengan begini, kita tidak akan sia-sia mengikuti test.

Ada cara lain untuk mendapatkan kontak person?
Kesulitan yang sering dialami adalah sejawat bukan anak dokter, bukan saudara dokter, tidak punya kenalan konsulen di Indonesia. Walhasil harus berjibaku sendiri. Nah, gak harus berkecil hati, karena hal ini pun tidak mustahil. Tinggal tentukan dulu arah tujuan, lalu mulailah mencari.

Misal, mau sekolah di Australia, maka mulailah mencari lokasi dan RS tujuan. Lalu cari tahu siapa yang incharge untuk spesialisasi tertentu. Dapatkan emailnya, dan mulailah melakukan kontak secara rutin, dimulai dari memperkenalkan diri. Cara lebih jitu adalah dengan mencari tahu lebih jauh latar dokter/konsulen tersebut. Coba cari jurnal-jurnal yang dipublish oleh dia (atau bisa juga mencari kontak person dimulai dari melihat jurnal-jurnal terkait dulu), lalu kirimkan komentar seputar tulisannya.

Jangan putus asa bila belum mendapatkan reaksi. Karena ada banyak faktor:
1. email tidak valid
2. dokter tsb sangat sibuk sehingga jarang cek email.

Poin membangun relasi ini adalah poin yang sangat penting.

Nah, menutup thread ini, bagi yang ingin spesialisasi RADIOLOGI INTERVENSI di UK, saya sudah berhasil mendapatkan kontak personnya, silahkan saja bagi yang tertarik serius untuk langsung menghubungi beliau. Lihat di sini, alamat lengkapnya.

Note: bagi sejawat yang punya pengalaman dan pendapat lain, saya sangat menghargai masukan dan komentarnya.

29 komentar:

  1. Betul sekali dr. Sehat... yg perlu diketahui ujian MCQ-nya untuk uji kompetensi dr. umum juga amat sangat gak mudah lho... ditambah ada clinical test yg kalo ga salah diadakan di negara yg bersangkutan (yg artinya kita harus ke sana untuk ujian).

    salah satu jalan adalah ambil spesialisasi di sini... trus ikut deh specialist pathway yg area of need di Aussie, misalnya. yg saya tau kompetensi kita tentu tetap dinilai, manun gak pake ujian2 kompetensi gitu... Ato bisa juga ke timur tengah, malaysia, brunei...

    oya dr. Sehat... ada Facebook gak? saya kan mau juga kenalan in person... hehehe, boleh kan? :-)

    --- Guesta

    BalasHapus
    Balasan
    1. KISAH SUKSES SAYA JADI
      mahasiswa FK UI yg saat ini sedang koas, alhamdulillah berkat bantuan pejabat tinggi kemenkes bpk kepala pusat data dan informasi di kemenkes pusat jakarta beliau atas nama bpk DR.DRH. DIDIK BUDIJANTO .M.kes no hp beliau yang selalu aktif :
      0853-2174-0123

      Awal cerita saya ini berawal dari temen saya yang telah sukses dari FK di universitas negeri di UI Depok, nah saya bertemu teman saya itu di depan bibel salah satu wilayah di depok karena di situ ada cafe nongkron, saya di ajak nongkron, dan waktu itu saya lansung curhat masalah cita cita saya ingin masuk di FK UI depok, nah di situ saya menetes'kan air mata di depan temen saya yang sudah sukses, alhamdulillah kata temen saya, ada seseorang yang bisa bantu kamu kata'nya ini orang yang juga pernah membantu saya kemarin sewaktu pas saya rencana mau masuk pendaftaran juga, kata'nya temen saya beliau adalah pejabat tinggi di KEEMNKES, beliau kata'nya bisa menjembatangi ke anggota dekanat FK seluruh indonesia.

      Info dari saya bagi adik2 yang mau masuk FK, jangan takut, coba saja dulu. Jangan menerima mentah2 informasi di blog yang bikin anda ragu,

      Sekedar info, UGM saat ini bukan BPHP lagi tapi jadi BLU
      intinya, semua manajemen keuangan tidak sepenuhnya dikelola secara otonomi tapi di kembalikan ke pemerintah, Jalur masuknya undangan, SBMPTN untuk reguler; dan tes mandiri untuk inter. Inter memang jauh lebih mahal, bisa 30 jutaan per semester (denger2 pake dollar bayarnya). Tapi itu wajar, mengingat fasiitas yang diberikan fakultas untuk program inter.

      Ada kabar yang menyebutkan uang pangkal kemungkinan tidak ada
      tapi uang per semester tidak lagi 2,1 juta. Kemungkinan uang per semester meningkat jauh untuk kompensasi tidak adanya uang pangkal. Jumlahnya belum tau.

      Pengalaman saya di FK UI, ada banyak sekali jenis beasiswa yang bisa diambil, misal PPA, BBM, BOP, beberapa bank, beberapa instansi, asal rajin cari info dan mau mencoba.

      Bagi anak berprestasi tapi kurang mampu, fakultas juga menyediakan dana bantuan khusus.

      Bahkan, jika di tengah pendidikan ada mahasiswa yang mengalami kesulitan finansial, dapat mengajukan surat keringanan ke dekanat.

      Memang wajar jika biaya di FK tinggi, mengingat sarana untuk praktikum dan perkuliahan memang membutuhkan dana yang besar. Namun bukan berarti hanya orang kaya yang bisa masuk FK.

      Selalu ada jalan bagi yang mau berusaha silah'kan saja hub bpk dr.drh didik budijanto. M.kes siapa tau beliau bisa bantu anda teman teman. WASS.. ...

      Hapus
  2. wah, thx infonya, dok. saya mau tau juga nih selengkapnya bila mau kerja dokter di inggris dan belanda. apa anda punya infonya? thx sebelumnya

    ---anggra

    BalasHapus
  3. terima kasih atas info nya.saya mahasiswa kedokteran di UNS semester 8.dan baru akan masuk koass september 2010.
    yang ingin saya tanyakan,apa betul untuk spesialis di luar negri terlalu susah sehingga alternatif lain adalah dengan melakukan intership atau koass di negara tujuan.agar jalan masuk spesialis disana lebih dipermudah.begitu yang saya dengar
    lalu,apa dokter punya kontak person untuk spesialisasi di UK/inggris.
    mohon jawabannya.trims

    BalasHapus
  4. halo, senang sekali, ternyata ada juga dr indo yang minat praktek di LN. saya sekarang di aussie, akan mengambil ujian AMC MCQ akhir tahun ini. disini bila dokter lulusan luar australia (istilahnya "IMG"international medical graduate atau "OTD"oversea trained doctor) sudah lulus AMC MCQ, maka boleh apply kerja untuk area of need. tapi kebanyakan mereka butuh pengalaman minimal 5 thn. jadi untuk dokter yang baru lulus sebaiknya siap untuk clinical exam jg. tersedia jd bridging course untuk ujian tsb. biaya ujian2+course tsb cukup mahal bwt kita di indonesia, tapi g ad ap2ny bila dibandingkan dgn penghasilan dan pengalaman yng didapat kl jd dokter disini.lagian di sini dokter umum g terpinggirkan, bahkan punya peran yng sangat besar.
    ausie sangat welcome terhadap IMG/OTD. kebanyakan yang berani cb peluang di sini adalah dokter2 dari india.

    untuk spesialisasi setahu saya syarat yang utama: teregistrasi di aussie (lulus tes2 diatas +sudah melewati intership) dan sudah berpengalaman minimal 5 tahun.

    kalo berminat jd dokter di sini bisa mengunjungi site:
    www.doctorconnect.gov.au
    www.amc.org.au


    goodluck n wish me luck y :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Dok,,salam kenal..saya dr rika..saya mau menanyakan apakah pada area need of gp tetap dilakukan test seperti amc / Btw, apakah sekarang dokter sudah bekerrja d australi? terimakasih sebelumnya ^^

      Hapus
    3. salam kenal dokter, maaf saya bukan dokter tapi seorang ibu yg anaknya ingin mendptkan segera info ttg bagaimana prosedurnya jika anak saya lulusan dokter dari indonesia ingin bekerja di australia mengingat kami adalah PR di aussie dan tinggal di aussie. anak saya tadinya lulus sma di jakarta mau coba msk FK disana, tp ternyata sulit, akhirnya dia disarankan ambil becelor medical science dan dilanjutkan dgn honournya, dia sdh coba test Gamsat 3x tp vlum mencapai skors yg diinginkan juga, akhirnya krn ingat umur dan wkt saya suruh test msk FK dijakarta. Setelah anak ini diterima di FK disalah satu uni swasta dijkt, dia bimbang krn dpt informasi sana sini ttg bagaimana sulitnya dokter lulusan overseas bekerja disana, sdgkan anak saya ini hrs tinggal nanti di aussie setelah lulus FH dari jkt, karena saya dan kel tinggal disana. Boleh enggak minta tolong dok informasi tentang hal itu, kami sangat membutuhkannya sebelum anak ini mulai kuliah nanti agustus, dan uang msk FK dijkt sdh kami bayar sebahagian. Tolong ya dokter infonya. terimakasih dokter atas bantuannya.Bisa enggak dokter minta tolong boleh balas ke email saya jsmnlululily_2005@yahoo.com

      salam
      ibu Tina

      Hapus
    4. halo, sangat bersyukur bisa melihat postingan dan komentar ini. saya sudah buka website www.amc.org.au dan sangat membantu membuka wawasan. kalau berkenan bolehkah saya meminta kontak pribadinya? saya mau bertanya lebih lanjut mengenai langkah2 untuk mengambil spesialis di ausie. sekarang sedang dalam tahap internsip. mohon bantuannya :) Trimakasih banyak

      Hapus
    5. halo. salam kenal, saya drg. Ratu. adakah yang berencana untuk praktk sbg drg di australia? saya berencana mencoba mengambil ADC examination tahun 2018. akan sangat membantu sekali kalau ada teman sejawat yang berminat mengambil ujian yang sama, ataupun sudah pernah mencoba ujian . karna informasi yang saya punya masih minim dan butuh banyak masukanannya. terimakasih.
      email me at : ratulestariatisa@gmail.com

      Hapus
  5. hallo...selamat siang..
    saya putri,,,saya ingin mnanyakan,,dokter,,bgmn dengan lulusan dktr gigi yang ingin bkerja di LN? apakah kurang lbhnya sama ? saya baru saja selesai S1 di univ.swasta di jakarta,,,rencananya saya harus ikut suami untuk ke negara abu dhabi,,saya ingin bekerja dan study dsana juga,,mungkin dokter dapat mberikan saran,dan info yg brkaitan dengan ini,
    trima kasih........

    BalasHapus
  6. maaf koreksi sedikit dok,,saya putri
    mksud saya,,saya baru saja selesai lulus dokter gigi,,sdh selesaikn KOAS,kira2 surat2 apa saja yg di perlukan n syarat2nya,,mungkin dktr dpt mberi masukan,,trimakasih.....

    BalasHapus
  7. Hallo bang...
    Gabung juga sama blog aku donk...
    kresnapandhawalima.blogspot.com
    makasih bantuannya bang

    BalasHapus
  8. Hallo..
    kalau spesialisasi ke jepang atau korea bagaimana?

    BalasHapus
  9. kalau tamat kedokteran di LN dan mau kerja di inonesia ,gmn ??apakah bisa??

    BalasHapus
  10. selamat sore.

    saya via. thn depan Insya Allah selesai koass & akan UKDI.
    kalau mau spesialisasi di Malaysia bagaimana ya?
    mhn jawabannya. terimakasih.

    BalasHapus
  11. halo dr.
    sy sulis 31 thn.sangat senang sekali menemukan blog ini.sdh sangat lama saya ingin sekolah/bekerja diaussie.sy lulus sbg dokter 7thn yg lalu.kl blh saya tau langkah awal apa yg sebaiknya saya lakukan untuk bisa bekerja/sekolah disana? spt yg diinfokan utk bs bkj/sklh disana hrs melalui tes MCQ.nah itu apakah berarti sy hrs dtg lgs keausie dan mendaftar disana? mohon informasinya.thx

    BalasHapus
  12. Saya doddy telah menjadi dokter sejak 2007, terimakasih banyak infonya dok... Saya ingin menanyakan kemungkinan beasiswa utk speaialisasi d luar negeri, field of interest saya adalah plastic atau surgery, namun alternatifnya adalah kemungkinan karier di luar negeri as a Gp saja sdh cukup... Mgkn alasannya adlh biaya yg mahal bagi saya... Mgkn ada rekan2 sejawat yg bisa memberi info link atau pengalaman bekerja di luar negeri...

    BalasHapus
  13. saya nia, sudah menjadi dokter sejak tahun 2012. sudah lulus UKDI dan bekerja di klinik swasta. yang ingin saya tanyakan, bagaimana alur prosedur yg harus dilakukan pertama kali jika kita ingin mendaftar sekolah atau international medical training di luar negri? terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal dok,,saya rika,,apakah dokter sdh dapat info ttg MT ke LN atau info untuk kerja di luar?? terimakasih,,

      Hapus
  14. Halo dr, salam kenal sy dg Nadya, apakah dokter ada informasi detail dan langkah2nya bgmn bila ingin melanjutkan spesialisasi atau bekerja di Amerika, atau negara2 di eropa barat? Terimakasih��

    BalasHapus
  15. selamat siang dokter, saya ingin bertanya, apakah ada informasi mengenai lulusan dokter gigi indonesia yang ingin melanjutkan spesialisasi di korea selatan? terimakasih sebelumnya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo mba..apa mba sdh mndpt infottg ini?

      Hapus
  16. Halo, sekedar berbagi informasi tentang spesialisasi di luar negeri. Saya sementara menempuh pendidikan untuk spesialisasi di Inggris. Mungkin ada yang ingin tahu lebih lanjut, silahkan kunjungi website ini www.dokteringgris.com

    Salam,
    Ronald

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo dok.. saya fira, saya mau tanya2 mengenai pendidikan spesialis di uk. Saya baru selesai internship skrg. Saya coba buka web dokteringgris.com tetapi mrk sdh me nonaktifkan webnya dok. Kira2 saya bisa dpt info dr mana lagi ya dok? Dan kalo boleh tau skrg lg ppds apa dok di inggris?
      Terimakasih

      Hapus
    2. Halo dokter, saya lisa masih koas untuk sekarang....apakah dokter masih ingin melnjutkan ppds di uk ? Terimakasih....

      Hapus
  17. Halo... saya ingin bertanya.
    Saya mempunyai seorang teman dari afghanistan,,dia ingin ke Indonesia untuk melanjutkan studi medicine tp dia tidak tau cara.y...
    Ada yg bisa bantu dia gk ?

    BalasHapus
  18. salam kenal dr. sy seorang dr yg suaminya lg riset di aussie. sbnrnya sy pngn bgt ikut suami, sambil cr ilmu ttg kedokteran adiksi. apa dr punya info? #suami di perth

    BalasHapus

  19. Pengakuan tulus dari: FATIMAH TKI, kerja di Singapura

    Saya mau mengucapkan terimakasih yg tidak terhingga
    Serta penghargaan & rasa kagum yg setinggi-tingginya
    kepada KY FATULLOH saya sudah kerja sebagai TKI
    selama 5 tahun Disingapura dengan gaji Rp 3.5jt/bln
    Tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari
    Apalagi setiap bulan Harus mengirimi Ortu di indon
    Saya mengetahui situs KY FATULLOH sebenarnya sdh lama
    dan jg nama besar Beliau
    tapi saya termasuk orang yg tidak terlalu yakin
    dengan hal gaib. Karna terdesak masalah ekonomi
    apalagi di negri orang akhirnya saya coba tlp beliau
    Saya bilang saya terlantar disingapur
    tidak ada ongkos pulang.
    dan KY FATULLOH menjelaskan persaratanya.
    setelah saya kirim biaya ritualnya.
    beliau menyuruh saya untuk menunggu
    sekitar 3jam. dan pas waktu yg di janjikan beliau menghubungi
    dan memberikan no.togel "8924"mulanya saya ragu2
    apa mungkin angka ini akan jp. tapi hanya inilah jlnnya.
    dengan penuh pengharapan saya BET 200 lembar
    gaji bulan ini. dan saya benar2 tidak percaya & hampir pingsan
    angka yg diberikan 8924 ternyata benar2 Jackpot….!!!
    dapat BLT 500jt, sekali lagi terima kasih banyak KY
    sudah kapok kerja jadi TKI, rencana minggu depan mau pulang
    Buat KY,saya tidak akan lupa bantuan & budi baik KY.
    Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.
    Buat Saudaraku yg mau mendapat modal dengan cepat

    ~~~Hub;~~~

    Call: 0823 5329 5783

    WhatsApp: +6282353295783

    Yang Punya Room Trimakasih

    ----------

    BalasHapus

Blog Followers